Bagaimana Peran Teknisi Layanan Lapangan Berubah?

Bagaimana Peran Teknisi Layanan Lapangan Berubah?

Industri layanan lapangan telah berubah secara drastis selama pandemi, dengan teknologi memainkan peran yang lebih besar dalam pemberian layanan daripada sebelumnya. Melihat teknisi layanan lapangan adalah inti dari pemberian layanan, ini berarti bahwa peran mereka telah beradaptasi untuk lebih mengandalkan teknologi. Tetap up to date dengan perubahan dalam teknologi industri ini sangat penting bagi teknisi layanan lapangan dan penyedia layanan lapangan yang mempekerjakan teknisi. 

Posting blog ini akan membahas apa yang dilakukan teknisi layanan lapangan, menjelaskan pengaruh utama yang mengubah peran teknisi layanan lapangan dalam industri layanan lapangan pascapandemi, dan menawarkan saran yang dapat ditindaklanjuti untuk beradaptasi dengan perubahan ini.

Apa yang dilakukan Teknisi Layanan Lapangan?

Teknisi layanan lapangan adalah seorang profesional di industri layanan lapangan yang bertanggung jawab untuk membantu pelanggan memasang, memperbaiki, dan memelihara peralatan. Sementara tanggung jawab sehari-hari teknisi servis lapangan bervariasi berdasarkan setiap pekerjaan servis, aktivitas inti meliputi peralatan pemecahan masalah, memberi saran kepada pelanggan tentang praktik terbaik untuk digunakan, dan mengikuti prosedur perusahaan di lapangan. 

Bagaimana Peran Teknisi Layanan Lapangan Berubah

Dengan dimulainya pandemi, ada lapisan stres tambahan yang terkait dengan interaksi langsung baik pribadi maupun profesional. Namun, pelanggan yang dikarantina di rumah lebih bergantung pada sistem dan perangkat rumah, dan perangkat tersebut masih perlu diservis dan diperbaiki. 

Dengan memanfaatkan teknologi, organisasi layanan lapangan dapat terus memberikan layanan tanpa batas kepada pelanggan mereka sambil mengurangi tekanan tambahan dari interaksi langsung bila memungkinkan. Namun, ini berarti teknisi servis lapangan tidak bisa lagi mengandalkan metode servis manual yang sudah teruji dan benar dan harus beradaptasi dengan metode modern ini untuk memberikan jenis layanan yang diharapkan pelanggan saat ini. Ini secara drastis mengubah peran teknisi layanan lapangan, yang membutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang lebih kuat untuk menavigasi lanskap digital ini. 

Teknologi utama yang telah mengubah peran teknisi layanan lapangan termasuk aplikasi layanan lapangan, ketergantungan pada teknologi seluler, dan Internet of Things (IoT).

Perangkat Seluler & Aplikasi Layanan Lapangan

Sebagai teknologi yang paling dasar dan diperlukan, aplikasi layanan lapangan telah sangat mengubah dasar pemberian layanan. Selain itu, mereka telah mengubah cara teknisi layanan lapangan berinteraksi dengan penjadwalan, pengiriman, dan operasi penggajian mereka. Belum lagi, aplikasi layanan lapangan sekarang dapat bertindak sebagai antarmuka untuk komunikasi real-time dan dua arah dengan pelanggan dan memungkinkan unggahan media terkait masalah layanan. 

Selama pandemi ini berfungsi untuk mengurangi stres seputar waktu janji layanan, memungkinkan teknisi dan pelanggan untuk berkomunikasi secara langsung tentang waktu dan harapan layanan. Selain itu, ini membantu mencegah pengulangan layanan tatap muka, memastikan bahwa teknisi memiliki akses ke foto dan video yang diperlukan dari masalah layanan sehingga dapat membawa alat dan suku cadang yang benar ke setiap pekerjaan. 

Ketergantungan pada aplikasi layanan lapangan untuk pengetahuan operasional sehari-hari serta komunikasi pelanggan telah menciptakan kebutuhan teknisi layanan lapangan untuk mahir dalam teknologi aplikasi mobile. Apalagi, aplikasi field service dengan User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang rumit yang dipenuhi gesekan kini menghasilkan kekuatan untuk mempersulit dan membingungkan pekerjaan teknisi field service.

Oleh karena itu, penyedia layanan lapangan harus sengaja memilih aplikasi layanan lapangan yang cerdas dan intuitif yang membuat pekerjaan teknisi lapangan lebih mudah- tidak lebih rumit. Demikian juga, ini akan membantu teknisi mengakses informasi yang mereka butuhkan tepat saat mereka membutuhkannya dan dapat menumbuhkan pengalaman yang lebih positif untuk komunikasi pelanggan.  

Internet of Things (IoT)

Karena peralatan konsumen dan sistem hiburan semakin dilengkapi dengan kemampuan cerdas dan teknologi IoT, perusahaan layanan lapangan harus beradaptasi dengan perubahan ini. Faktanya, pemeliharaan prediktif yang didorong oleh teknologi IoT telah menjadi tren teratas di industri layanan lapangan pada tahun 2021 dengan 67% organisasi layanan lapangan percaya bahwa menawarkan layanan pemeliharaan prediktif bertenaga IoT adalah hal yang bermanfaat. 

Dengan dimulainya pandemi dan karantina selama setahun terakhir, pelanggan menjadi semakin bergantung pada peralatan dan sistem rumah tangga mereka. Namun, mereka tidak ingin berurusan dengan waktu henti yang tidak direncanakan dan perbaikan yang lama untuk perangkat penting ini dan lebih tertarik pada perangkat rumah pintar daripada sebelumnya. Misalnya, pada tahun 2021, 7 dari 10 pembeli rumah mencari rumah pintar, dan 78% bersedia membayar lebih untuk rumah dengan perangkat pintar. Selain pembeli rumah baru, pada tahun 2021 2 dari 3 orang Amerika menginginkan perangkat rumah pintar sebagai tanggapan atas karantina selama setahun terakhir. Tren yang semakin penting ini berdampak pada cara teknisi lapangan memberikan layanan dan berinteraksi dengan pelanggan mereka pada tahun 2021. 

Teknisi lapangan tidak lagi cukup untuk datang ke pekerjaan servis dan memecahkan masalah secara langsung. Teknisi layanan lapangan sekarang perlu memahami cara menyediakan layanan pemeliharaan prediktif bagi pelanggan mereka yang memanfaatkan teknologi rumah pintar. Ini termasuk mengetahui cara mengatur parameter kinerja untuk perangkat pintar pelanggan, memantau data dari jarak jauh, dan menerjemahkan data tersebut ke dalam proses layanan lapangan yang dapat ditindaklanjuti. Dengan menguasai keterampilan teknologi berat ini, teknisi layanan lapangan dapat mempersiapkan diri untuk sukses dalam lanskap bisnis yang semakin digital. Ini tidak hanya menguntungkan teknisi layanan lapangan itu sendiri tetapi juga meningkatkan nilai organisasi layanan lapangan dengan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. 

Ringkasan

Dengan pandemi virus corona yang mempercepat transformasi digital di industri layanan lapangan, sekarang ada lebih banyak permintaan untuk pengalaman pelanggan yang lancar dan efektif yang didorong oleh teknologi. Dengan mengadopsi aplikasi layanan lapangan dan layanan pemeliharaan prediktif, perusahaan layanan lapangan secara strategis mencoba memenuhi permintaan yang meningkat ini. Sejauh ini, peran teknisi layanan lapangan telah diperluas untuk mencakup keahlian teknologi seperti:

Untuk teknisi layanan lapangan, ini berarti meningkatkan keterampilan teknologi untuk tetap mengikuti tren industri ini. Dan untuk organisasi layanan lapangan, ini berarti mengadopsi teknologi cerdas yang siap menghadapi tantangan. 

 

See How we can help growing your business

Start your free trial

Signup now. Its free and takes less than 3 minutes. Our team will contact you soon